Pengalaman Bersama Uptograb

Standard

Awal mula saya menjadi seorang Pemred adalah di redaksi media online uptograb yang beranggotakan saya Gatot Trilaksono, Andhika Naryana, Rifky Bimantoro, Listya Rahmadian, Bangbang Salehudin dan Marulitua Gultom. Saya ditunjuk secara langsung menjadi Pemred ketika itu oleh rekan-rekan sesama uptograb ketika pak Hagi selaku dosen pembimbing mata kuliah Jurnalistik Online yang mengharuskan kita membuat web kelompok yang nantinya menjadi sebuah wadah informasi Online yang kita sajikan untuk dibaca masyarakat dengan mengolah jejaring seperti WordPress.com.

Di Uptograb saya tidak hanya menjabat sebagai Pemred saya juga menjadi Admin saat ini sekaligus bertanggung jawab atas Rubrik yang sudah ditentukan yaitu Capture (kumpulan foto-foto) dan video. Liputan awal yang saya lakukan pertama sebagai anggota Uptograb adalah meliput secara bersama-sama rekan Uptograb dengan mewanwancarai penjual kerupuk tunanetra di kawasan komplek TNI AL dan lebih beruntungnya kita mendapat langsung narasumber bernama Pak Sangat yang sebelumnya sudah kenal dengan salah satu anggota kami yaitu Andhika Naryana yang kemudian jadilah liputan “Asa si Penjual Kerupuk Tunanetra”. Lalu liputan kedua kami adalah ke pasar pondok labu tentang “Asumsi Rakyat rencana Kenaikan Harga BBM” Saya bersama Listya Rahmadian,Rifky Bimantoro dan Marulitua Gultom.

Dalam liputan tentunya ada hal yang lucu dan tidak mengenakan dimana ketika Saya,Andhika,Rifky dan Listya meliput ke Polsek Ciputat itu merupakan liputan yang cukup lucu karna saat itu hampir seluruh anggota polisi libur dan hanya ada dua orang petugas yang sedang piket setelah disadari kami meliput disaat tanggal merah dimana hampir seluruh golongan masyarakat dan profesi diliburkan. Kemudian, hal yang tidak mengenakan yang kami alami terjadi ketika Saya,Andhika dan Rifky meliput ke kawasan Setu Babakan terkait adanya “Festival Kebudayaan Betawi Menjelang HUT DKI. Jakarta”. Dimana ketika itu kami mencoba mewawancarai seseorang bapak-bapak yang memakai baju silat khas betawi terkait acara tersebut namun bukan tanggapan yang baik melainkan penolakan wawancara dengan sedikit emosional yang kami terima tapi kami tetap melanjutkan liputan demi tercapainya berita yang akan kami naikan di WordPress kami.

Dalam seluruh kegiatan tentunya ada kemudahan dan ada kesulitan sampai saat ini dalam menjalankan wordpress dalam hal untuk posting yang saya hadapi tidak mengalami kesulitan yang pasti. Hanya, saja kesulitan dalam wordpress sampai saat ini yang saya hadapi adalah dimana ketika memasukan video yang sudah ada kedalam  wordpress kelompok Uptograb maupun wordpres pribadi saya sendiri. Tapi syukurnya setelah saya berkutat dengan wordpress saya dapat mengerti juga bagaimana mengupload video ke wordpress. Semua kegiatan yang dilakukan pasti ada yang menyenangkan dan mengecewakan Namun inilah bagian dari kelebihan dan kekurangan kelompok kami dan saya sendiri jika kurang berkenaan dan sedikit mengecewakan saya mohon untuk di maafkan. Terima Kasih Pak Hagi Hagoromo.  «(GatotTrilaksono)

 

Leave a Reply

